Thursday, April 12, 2012

Bunga Kulit Jagung

Bunga ini dibuat dalam rangka memenuhi permintaan seseorang yang minta dibuatkan undangan pernikahan berbentuk kotak dengan detil bunga besar warna putih. Beberapa waktu lalu saya seperti ditantang oleh yang menghubungi saya, bisa atau engga membuat detil bunga besar sebagai hiasan undangan pernikahannya. Desainnya sendiri sepertinya ngambil dari internet, ingin dibuat sama persis seperti itu. Saya cuma dikasih gambarnya saja, terserah mau saya bikin pakai bahan apapun katanya. Katanya, dia sudah menghubungi vendor undangan pernikahan yang besar dan ga ada yang bisa buat hiasan bunga seperti yang ia mau, sekalinya bisa harganya lebih dari seratus ribu rupiah. Hmmm... akhirnya saya minta waktu seminggu untuk mikir-mikir dari bahan apa saya harus buat hiasan bunganya?

Karna lihat warnanya yang putih.. saya terinspirasi dari kulit jagung yang teksturnya hampir sama dengan tekstur bunga yang dimaksud. Hanya saja sepertinya bunga di gambar memiliki mahkota yang tebal. Dicoba saja deh... siapa tau bisa. Mulailah dari membeli jagung dan mempreteli kulit jagung lalu dijemur langsung terpapar sinar matahari dari pagi hingga sore, hasilnya... kulit jagung jadi kering berwarna krem hampir putih dan agak kaku dengan bentuk yang melengkung-melengkung karna kepanasan. Ternyata bentuk yang melengkung-melengkung tersebut memudahkan saya membentuk kulit jagung jadi mahkota-mahkota bunga. Hasilnyaa...
Awalnya sempat kepikiran herbarium, bunga kering ala Indonesia. tapi kayaknya herbarium itu tipis sekali ya hasilnya. Setelah lihat hasil jadinya ternyata lumayan juga, si limbah kulit jagung ini bisa berguna. Senangnya bikin bunga jagung ini adalah bentuk-bentuk lengkung mahkota bunga sudah alami saat proses pengeringan, tinggal pintar-pintar milih aja yang mana kira-kira bagus dijadikan mahkota bunga. Jadi tinggal memotong bentuk mahkota bunga dan merangkainya. Satu lagi yang bikin senang adalah bahannya murah meriah dan bisa dimakan... hehehe.. jagungnya bisa dimakan, kulitnya dijadikan bunga. Go green banget. Ke depan pengen bikin undangan yang GO GREEN, yang bisa dipakai lagi atau dari bahan limbah seperti ini.
Dan ini dia sampel yang diminta. Mirip ga bunganya? Setelah saya tunjukkan ke orangnya, katanya suka banget. Tapi sayangnya ga jadi pesan. Belum rejeki. Tapi cukup senang bisa memanfaatkan limbah kulit jagung, kapan-kapan kepingin buat workshopnya deh. Semoga dapat undangan workshop lagi. Atau bisa diaplikasikan ke undangan pernikahan nih ^^
Tips untuk membuat bunga dari kulit jagung:
1. Kupas kulit jagung dari jagungnya tapi jangan dilepas helai per helai lapisan kulit jagungnya, biarkan masih berlapis-lapis. Karna saat dijemur helaian-helaian itu akan mengkerut dan susah untuk dijadikan bunga.
2. Jemur di sinar matahari langsung. Saat sudah mengering lapisan-lapisannya sudah terpisah dengan sendirinya.
3. Potong-potong kulit jagung menyerupai pola mahkota bunga, susun hingga membentuk seperti bunga mawar bertumpuk atau teratai. Pilih kulit jagung dengan lengkungan alami mahkota bunga.
4. Hati-hati saat menggunting karna si kulit jagung mudah sobek.
5. Kalau mau sedikit berwarna bisa menggunakan pelapis atau pewarna. Yang ini saya kurang paham deh :p
Warna alami sudah bagus kok.

Saya sempat googling tentang bunga kulit jagung ini, ternyata memang sudah banyak industri kerajinan tangan yang membuatnya. Tapi saya ga menemukan satupun tutorial cara membuatnya, adanya belajar kursusnya dimana. Harusnya vendor undangan bisa kerja sama nih sama pengrajin bunga kulit jagung. Pasti ga sampe seratus ribuan deh harga satuannya :p

15 comments:

  1. So beautiful flower...go green banget mba dini....kreatif pula...thanks for sharing ^_^

    ReplyDelete
  2. bagus, mbak Din,, hidup recycling!! hehe,,

    ReplyDelete
  3. cantik banget bunganya diiiin...^^
    aku inget dulu waktu kecil suka nonton acara di TVRI, kulit jagung bisa dibuat macem2, waktu itu buat bunga dn boneka...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiyaa? hehhehe...kapan2 kita bikin bareng mba eka :D

      Delete
  4. ciiieeee Dinceee... akhirnya jadi juga yaaaa...

    sumpah KEREEEN abeesss......

    ReplyDelete
  5. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Sukses besar esok hari dimulai dari tindakan-tindakan kecil hari ini .,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete

i love to read your comment ^__^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...