Monday, June 13, 2011

Membuat Mahar Uang Sendiri


Ini buatnya bareng sama kotak hantaran pernikahan dan sangkar burung emas sebelumnya. Sebenernya gampang kok kalo mau buat mahar uang sendiri. Karna yang nikah requestnya ga macem-macem, maunya semua uangnya di "gelar" aja ga pake bentuk macam-macam, jadi cukup mudah. Pastinya jumlah uang mahar menandakan tanggal pasangan menikah. Teman nikahnya tanggal 14 Mei 2011 (14511). Jumlah uang maharnya empat belas ribu lima ratus sebelas rupiah. Karena maharnya hanya di "gelar", jadi cuma dibuat bentuk kipas dengan permainan warna uang.

Berikut rincian dan uang yang diperlukan untuk membuat mahar:
- 14 lembar uang seribuan edisi baru yang warna hijau, karena uang 1000 edisi baru maka cukup mengeluarkan uang 14.000 rupiah, tinggal tukar uang di bank minta lembaran yang masih mulus :)
- 5 lembar uang 100 rupiah warna merah yang kebetulan sekarang udah ga dicetak. Jadi perlu beli di toko atau pasar yang biasa jual uang lama. Ternyata cukup mahal yah, harga satu lembarnya 10 ribu rupiah, jadi total 50.000 rupiah.
- 5 lembar uang 1 rupiah. Uang 1 rupiah ini ada banyak jenis dan warna. Semakin tua tahun pembuatan uang tentunya semakin mahal, aku pilih yang harganya 10.000 satu lembarnya dan pilih yang warna biru karena udah ada hijau uang seribuan dan merah uang seratus rupiah. Jadi total nya 50.000 rupiah.
- 6 keping uang logam 1 rupiah. Harga satu kepingnya 5.000. Jadi totalnya 30.000.

Total untuk membelanjakan uang mahar Rp. 144.000 ga lupa beli bingkai. Harga bingkai ukuran 40x30 cm harganya 65.000 rupiah. Agar lebih elegan gunakan bingkai dengan list/pinggiran warna emas dan aku lebih suka bingkai dengan bahan kayu daripada plastik, juga tanpa ukiran di pinggirnya supaya terlihat elegan dan sederhana. Kalo cari uangnya di pasar bisa pintar-pintar nawar deh sama abangnya, kemarin sih belinya di Depok Town Square (Detos) Lantai 1 jadi ga bisa nawar. Tapi kondisi uangnya masih bagus semua kok.

Selamat membuat maharmu sendiri :)

5 comments:

  1. wuiih... serba bisa niih, siapa yg bikin nih?? bertiga atau salah satu aja??

    ReplyDelete
  2. Simple tapi manis..
    Kalau beli bingkai-nya dimana mbak?
    Makasiii :D

    ReplyDelete
  3. uangnya dilem atau gimana?? thanks

    ReplyDelete

i love to read your comment ^__^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...